Benteng Vredeburg semula bernama “Benteng Rustenburg” yang mempunyai arti “Benteng Peristirahatan”  dibangun di atas tanah Keraton pada tahun 1760 oleh Belanda. Kemudian sekitar tahun 1765-1788 bangunan disempurnakan dan selanjutnya diganti namanya menjadi Benteng Vredeburg.

Sumber foto : www.njogja.co.id

Benteng Vredeburg adalah sebuah museum yang terletak di depan Gedung Agung dan Kraton Kesultanan Yogyakarta. Di dalam benteng ini terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia. Benteng ini dengan struktur bangunan benteng yang berbentuk segi empat dengan dilengkapi Menara pengawas dikeempat sudutnya. Benteng Vredeburg dibangun sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan residen Belanda yang berdiri terkait erat dengan lahirnya Kasultanan Yogyakarta.

Di dalam Museum Benteng terdapat beberapa bangunan administrasi dengan corak khas bangunan Belanda dengan tembok yang tebal berwarna putih dan banyak Menara penyangga. Benteng ini dahulu menjadi saksi perjuangan rakyat Yogyakarta demi merebut kemerdekaan Indonesia dan saat ini Benteng Vredeburg telah menjadi ikon Museum Khusus Perjuangan Nasional rakyat Yogyakarta dan sekaligus menjadi tempat wisata edukasi sejarah.

Sumber foto : www.travelerindonesia.com

Dengan biaya masuk yang sangat murah, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas seperti perpustakaan, ruang pertunjukan, ruang seminar, diskusi, ruang belajar kelompok, Hostpot gratis dan mushola.

Penasaran dengan Benteng Vredeburg. Berkunjunglah ke Yogyakarta.